Breaking News

Unik, Melihat Prosesi Marsahadat (Bersyahadat) dan Ulu ni Punguan (Tablig Akbar) Parmalim

cara berpakaian yang unik
LAGUBOTI NEWS || Ugamo Malim mempunyai prosesi unik yang bernama marsahadat alias bersyahadat. Hanya marsahadat di sini artinya berniat bukan bersaksi.

Selain itu juga mempunya acara Tabligh Akbar yang disebut Ulu ni Punguan serta Ritual Tasyakuran atau Ulaon Pameleon Sipaha Lima

Berikut cuplikan mengenai marsahadat: (baca sumber)

Selain mendapat pendidikan di sekolah, pelajar Parmalim seperti Carles Butar-Butar juga mendapat ajaran Ugamo Malim nonformal di Marguru hari Sabtu. Tepatnya setelah peribadatan mingguan mereka, Marari Sabtu. Dalam marguru, parmalim belajar banyak hal seperti ajaran menghitung sistem pertanian menurut ajaran Batak kuno, juga ada sesi sharing tentang masalah yang dihadapi sehari-hari Menurut pengakuan Carles, kegiatan marguru yang ia ikuti lebih seperti sharing tentang hidup keseharian secara umum. Karena memang Parmalim pun menerapkan ajarannya tak hanya pada ritual atau saat ibadah, tapi juga perilaku sehari-hari. Carles yang tak bisa mengikuti marguru hari Sabtu pun cukup menggantinya dengan marsahadat atau niat dalam hati.


Berikut acara marsahadat di menit:14.33-14.40



Bonus: Cara Islam Bani dari Komunitas Champa di Vietnam dan Kamboja bersyahadat
 

Para datu Karo

Tidak ada komentar